Belum Tahu Cara Menyimpan dan Menghangatkan Lagi Makanan Sisa? Simak Tips Berikut

  • Whatsapp

Belum-Tahu-Cara-Menyimpan-dan-Menghangatkan-Lagi-Makanan-Sisa-Simak-Tips-Berikut
Lapar mata seringkali membuat Anda impulsif untuk beli beberapa tipe makanan yang diharapkan. Kalau dituruti, seringkali Anda tidak dapat memakan makanan yang Anda beli, sampai ada makanan yang ada. Tapi, jangan kuatir lantaran memang Anda masih dapat menyimpan serta memanaskan kembali makanan tersisa. Bagaimana tekniknya? Dapatkan jawabannya dalam keterangan berikut.

Semestinya Anda bakal merasakan sayang kalau makanan yang sudah dibeli atau dibuat mesti terbuang lantaran udah begitu kenyang. Meskipun sebenarnya, makanan itu masih dapat disimpan untuk dikonsumsi di lain kali. Oleh karenanya, Anda bisa saja, kok, menyimpan serta memanaskan makanan tersisa. Apabila, Anda kenal bagaimana caranya pas untuk mengerjakannya.

Read More

Sebelum Anda memanaskan makanan tersisa, Anda semestinya mesti menyimpannya lebih dahulu. Berikut beberapa langkah yang dapat dilaksanakan kalau mau menyimpan tersisa makanan yang tidak sukses Anda butuhkan.

1. Yakinkan suhu almari pendingin lebih dahulu

Biar lebih aman, cek suhu almari pendingin sebelum menyimpan makanan di dalamnya. Masalahnya tidak semua suhu almari pendingin serta freezer udah penuhi standard untuk menyimpan makanan tersisa.

Semisalnya, suhu almari pendingin baiknya terdapat di angka 4-5 derajat celcius. Sesaat, suhu freezer baiknya terdapat di angka -18 derajat celcius. Kalau Anda tidak mengerti metode mengukur suhu dari almari pendingin di dalam rumah Anda, Anda dapat gunakan thermometer untuk cari tahu.

Waktu Anda menyimpan makanan tersisa dalam almari pendingin, yakinkan pula jika Anda sudah letakkan makanan itu secara benar. Tujuannya, yakinkan jika ada area udara di antara satu wadah makanan dengan wadah makanan yang lain. Ini bakal membantu udara dingin dalam kulkas mendinginkan makanan Anda.

2. Sisihkan makanan tersisa secara pas

Kalau Anda mau menyimpan makanan tersisa untuk memanaskan makanan itu di lain kali, Anda mesti dapat memisahkan makanan itu secara pas. Mempunyai arti, jangan lantas membuat makanan tersisa simpel bau atau tambah cepat basi.

Kalau sangat mungkin, pisahkan makanan tersisa sesuai besaran bagian yang biasa Anda pakai untuk makan. Cara barusan dikira lebih aman biar makanan tersisa tidak simpel berbau atau basi. Terkecuali itu, perlu diingat untuk menyimpannya di wadah yang tertutup serta bebas udara.

Anda bisa juga berikan merek pada tiap tiap wadah makanan yang Anda taruh. Perlu diingat untuk tuliskan tanggal kapan makanan itu disimpan. Ini membantu biar Anda dapat tahu apa makanan yang ada pada dalam semasing wadah serta udah berapakah lama Anda menyimpannya.

3. Taruh saat yang pas

Kalau Anda memang terpaksa menyimpan serta memanaskan tersisa makanan, yakinkan Anda mengerjakannya secara benar. Semisalnya, waktu Anda merasakan makanan yang Anda makan bakal bersisa, lekas taruh serta tambahkan makanan itu ke kulkas.

Membebaskan makanan tersisa kelamaan ada di luar miliki potensi menyebabkan kerusakan makanan serta menambah perkembangan bakteri pada makanan itu. Sesaat, makanan tersisa dapat bertahan dalam kulkas sampai empat atau lima hari, serta barangkali dapat bertahan sampai enam bulan kalau disimpan dalam freezer.
Metode memanaskan makanan tersisa

Kalau Anda udah mengerti metode menyimpan makanan tersisa yang pas serta aman, sekarang waktunya Anda mendalami bagaimana caranya memanaskan makanan tersisa yang aman serta sehat.

1. Dinginkan makanan tersisa yang disimpan dalam freezer

Kalau Anda menyimpan makanan tersisa dalam freezer serta mau memanaskan makanan itu, Anda mesti mendinginkan makanan itu lebih dahulu. Masalahnya Anda tidak langsung dapat memanaskan makanan yang masih beku.

Tapi, Anda mesti paham jika Anda tidak bisa mengguyurkan air panas ke tersisa makanan yang membeku lantaran miliki potensi membantu bakteri untuk berkembang biak tambah cepat pada makanan.

Kalau Anda mau mendinginkan makanan itu, lebih baik tambahkan ke kulkas serta biarkanlah sepanjang kira-kira 24 jam. Kalau Anda mau langkah yang tambah cepat, Anda dapat letakkan makanan tersisa yang sudah beku ke wadah. Lalu, tambahkan wadah itu ke baskom berisi air dingin serta diamkan sesaat. Tukar air itu tiap-tiap 30 menit sekali sampai makanan tak kan beku.

2. Pakai alat yang pas untuk memanaskan makanan tersisa

Jauhi gunakan alat yang perlu waktu lama untuk memanaskan satu makanan. Semisalnya, pakai microwave dengan suhu yang cukuplah tinggi untuk memanaskan makanan. Kalau Anda mau memanaskan sup, bumbu berbentuk saus, atau makanan berkuah, panasi dalam panci yang panas.

Pada intinya, Anda bisa saja gunakan langkah apa pun untuk memanaskan makanan tersisa. Asal, mesti mengecek lebih dahulu temperatur dari alat yang Anda pakai untuk pastikan jika Anda gunakan alat yang pas untuk memanaskan makanan tersisa.

3. Jangan makan langsung makanan yang baru dipanaskan

Kalau Anda gunakan microwave untuk memanaskan makanan, baiknya jauhi untuk mengkonsumsinya langsung selesai dikeluarkan dari microwave. Akan tambah baik kalau Anda bersabar tunggu kira-kira tiga menit selesai dikeluarkan.

Masalahnya microwave akan teruslah memanaskan makanan yang Anda taruh di dalamnya sampai makanan serius masak serta masak walau udah dikeluarkan dari dalamnya. Karenanya, resiko itu mungkin menipis selesai tiga menit ada di luar microwave.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *