Bagaimana Cara Mengatasi Hidrokel?

  • Whatsapp

Tahukah kamu apa itu hidrokel? Pernah mendengar penyakit ini sebelumnya? Ini adalah penyakit  yang dapat menyerang laki-laki karena berkaitan dengan area intim pria. Apakah itu? menurut hellosehat.com hidrokel adalah kondisi di mana skrotum membengkak akibat adanya penumpukan cairan di dalamnya. Pembengkakan skrotum? Apa sih itu? pembengkakakn skrotum adalah pembesaran kantong skrotum. Ini biasanya muncul karena cedera atau kondisi medis tertenu. Penyakit ini bisa disebabkan oleh penumpukan cairan, peradangan atau pertumbuhan yang terjadi secara abnormal di dalam skrotum. Lalu, bagaimana cara mengatasi hidrokel ini? Sebelum mengetahui cara mengatasi hidrokel, kamu harus tahu penyebab dan gejala yang akan dialami oleh penderitanya terlebih dahulu.

Hidrokel umumnya tidak berbahaya dan tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, orang yang mengalami kondisi ini mungkin akan merasa tidak nyaman karena adanya pembengkakan pada skrotum. Hidrokel lebih banyak ditemukan pada bayi, bahkan ketika bayi masih berada dalam kandungan. Penyakit ini juga dapat dialami oleh pria dewasa dengan beberapa gejala dan penyebab. Penyakit ini dibagi menjadi dua tipe, yaitu komunikan dan nonkomunikan. Komunikan adalah jenis penumpukan cairan yang disebabkan oleh kantong sekitar testis tidak menutup dengan sempurna, sedangkan nonkomunikan adalah jenis penyakit yang terjadi akibat berlebihnya produksi cairan tidak diimbangi dengan penyerapan cairan yang cukup. Kasus pada penyakit ini terjadi sekitar sepuluh persen pada kelahiran bayi laki-laki. Persentasenya pun semakin menurun pada laki-laki yang beranjak dewasa, yaitu hanya sekitar satu persen. Hidrokel yang terjadi pada bayi lebih banyak terjadi dalam kasus kelahiran prematur. Apa bila kondisi ditemukan pada usia dewasa, kemungkinan penyebabnya adalah infeksi atau penyakit menular seksual.

Read More

Gejala apa yang akan dirasakan oleh penderitanya? Dilansir dari halodoc.com pada banyak kasus hidrokel, pengidapnya bisa saja tidak merasakan gejala. Gejala akan baru dirasakan ketika ukuran dari skrotum bertambah besar. Ukuran pembengkakan ini dapat berubah-ubah dalam sehari. Gejala umum yang mungkin akan dirasakan adalah rasa nyeri pada skrotum, rasa tidak nyaman, rasa tertekan pada bagian pangkal penis dan kulit skrotum yang berubah menjadi kemerahan. Untuk bayi, umumnya penyakit hidrokel ini akan hilang dengan sendirinya. Namun apabila tidak kunjung hilang setelah usia satu tahun, orang tua dapat membawa bayi untuk berkonsultasi pada dokter.

Dokter akan mendiagnosis hidrokel dengan melakukan wawancara medis, pemeruksaan fisik dengan menggunakan senter pada hidrokel dan pemeriksaan penunjang seperti USG atau ultrasound untuk membantu mengesampingkan hernia, tumor testis dan penyebab lainnya dan dapat pula dilakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah dan urine untuk menentukan infeksi seperti epididimitis.

Lalu, bagaimana cara mengatasi hidrokel? Cara mengatasinya dapat dengan melakukan pengobatan. Pada bayu, hidrokel umumnya akan hilang dengan sendirinya. Namun jika tidak hilang setelah usia dua tahun, maka akan diperlukan tindakan operasi untuk menghilangkannya, pembedakan ini dikenal dengan nama hidrokelektomi. Hidrokel pada orang dewasa juga dapat hilang dengan sendirinya, namun dengan jangka waktu yang lebih lama, yaitu selama enam bulan. Tidakan medis baru akan dijalani jika hidrokel menyebabkan rasa nyeri atau emakin menganggu aktivitas penderita. operasi pengangkatan hidrolek dapat mencari solusi.

Itulah yang dapat kamu ketahui dari cara mengatasi hidrokel. Pengobatan yang dapat dilakukan adalah operasi dan tentunya akan sangat memberatkan. Oleh karena itu, jangan pernah meremehkan gejala penyakit ini dan segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *