7 Kegunaan Minyak Ikan dalam Mencegah Berbagai Penyakit

  • Whatsapp
7-Kegunaan-Minyak-Ikan-dalam-Mencegah-Berbagai-Penyakit
Foto : Canva.com pro

Butiran minyak ikan atau fish oil sangat mudah ditemui di pasaran. Hal ini berhubungan dengan manfaatnya yang terbukti mampu mencegah berbagai penyakit, hingga menjadi vitamin tambahan yang bisa dikonsumsi secara rutin. Apa itu fish oil? Minyak ini merupakan bentuk asam lemak yang dikemas dalam butiran dan mengandung omega 3.

Umumnya minyak dihasilkan dari ikan salmon, tuna, makarel, juga sarden. Karena baik bagi kesehatan, banyak masyarakat menjadikan minyak ini sebagai salah satu asupan tambahan dalam memenuhi kebutuhan omega 3 bagi tubuh. Tidak hanya untuk manusia, minyak ini juga bisa diberikan pada hewan peliharaan seperti kucing.

Read More

Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa manfaat konsumsi fish oil berupa:

1. Menjaga Kesehatan Organ Jantung

Menurut penelitian, mengonsumsi minyak ini mampu menurunkan risiko serangan jantung, Fish oil yang dikonsumsi dalam jumlah cukup secara rutin akan menjaga kesehatan organ jantung dengan mengontrol tekanan dalam darah. Tekanan darah terlalu tinggi, juga rendah bisa memicu munculnya penyakit lain seperti stroke dan kerusakan otak.

2. Mengurangi Trigliserida dalam Darah

Trigliserida adalah lemak yang biasanya terkandung dalam darah. Minyak ini mampu mengurangi kadar trigliserida, sehingga menghindari kita dari penyakit jantung, nyeri pada bagian perut, hingga penyakit stroke.

3. Mencegah Terjadinya Penyumbatan Pembuluh Darah

Terdapat kondisi tubuh tertentu yang berisiko mengalami penyumbatan pembuluh darah seperti mengalami serangan jantung. Penyumbatan pembuluh darah bisa difaktori gaya hidup kurang sehat disertai pola makan kurang teratur.

Selain itu kebiasaan begadang dan konsumsi makanan berlemak pun bisa menaikan risiko terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah (aterosklerosis).

4. Mencegah Penyakit Kanker

Kanker menjadi satu jenis penyakit yang berbahaya dan sebagian kasus menyebabkan kematian. Maka dari itu kita disarankan menjalani gaya hidup sehat dan menjauhi berbagai faktor yang bisa menyebabkan kanker.

Mulai dari konsumsi asupan sehat dan kaya nutrisi, menjauhi rokok dan alkohol, hingga mengonsumsi suplemen serta vitamin tambahan seperti fish oil sebagai salah satu jenis minyak pencegah penyakit kanker.

5. Membantu Memenuhi Kebutuhan Ibu Hamil

Ibu hamil sangat membutuhkan lebih banyak nutrisi. Konsumsi minyak ini disarankan karena kandungan omega 3 yang terdiri dari DHA dan EPA, bermanfaat bagi janin juga bayi dalam kandungan.

Kedua kandungan pada omega 3 fish oil mampu mengurangi risiko kelahiran prematur, risiko preeklamsia (peningkatan tekanan darah saat hamil), juga membantu menambah berat badan bayi.

6. Mengurangi Terjadinya Gejala Asma

Manfaat lainnya ialah dapat mengurangi terjadinya gejala penyakit asma. Ini yang membuat para ahli kesehatan menyarankan bagi penderita asma untuk konsumsi fish oil. Selain mengurangi terjadinya gejala, minyak ini juga bisa menjadi salah satu suplemen tambahan pengganti obat-obatan penyakit asma.

7. Menyehatkan Kulit

Selanjutnya, manfaat dari konsumsi minyak dari ikan ini yaitu dalam hal menyehatkan kulit. Omega 3 di dalamnya mampu mengurangi dampak buruk dari sinar matahari bagi kulit. Sinar matahari (langsung) yang terdiri dari UVA dan UVB memberi dampak berupa kulit yang mudah kusam, penuaan dini, bercak hitam, hingga memiliki risiko kanker kulit. Selain itu bisa juga dikonsumsi untuk menambah kelembaban kulit.

Dari sekian banyak manfaat dari minyak ikan di atas, ada lebih baik konsultasi lebih dulu dengan dokter bila ingin konsumsi rutin, khususnya bila Anda menderita penyakit atau alergi tertentu. Termasuk jika Anda ingin memberikan fish oil pada hewan kesayangan.

Sumber:

  • https://www.alodokter.com/manfaat-minyak-ikan-dalam-mengurangi-risiko-penyakit
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3224323/9-manfaat-konsumsi-minyak-ikan-setiap-hari

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *